Mengenal Jenis Jenis Asuransi Jiwa

Kita semua sudah paham bahwa asuransi jiwa adalah jaminan yang bertujuan untuk menanggung resiko seorang nasabah agar tidak mengalami kerugian finansial yang tidak diduga.
Sebagian besar orang mengira bahwa asuransi jiwa adalah sesuatu yang sangat menakutkan karena berhubungan dengan hal kematian, yang tentu saja membuat mereka menjadi enggan.
Padahal pada dasarnya asuransi jiwa adalah suatu proteksi bagi apabila terjadi sesuatu terhadap diri Anda. Asuransi jiwa sangat penting bagi anda karena apabila anda sebagai pencari nafkah tidak lagi mampu bekerja karena masalah kesehatan ataupun mengalami kecacatan, maka asuransi jiwa akan memberikan proteksi finansial kepada keluarga anda dan masa depan anak-anak Anda. Dalam hal ini sebenarnya asuransi jiwa menjadi salah satu proteksi awal atau istilahnya adalah setiap payung sebelum hujan yang memang saat ini belum terasa manfaatnya.

Asuransi jiwa sendiri dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan akan fungsi dan kebutuhan masing-masing bagi calon nasabah asuransi. Berikut adalah beberapa jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui:

Asuransi jiwa berjangka atau term Life Insurance
Asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan proteksi kepada nasabahnya dalam waktu tertentu atau dalam jangka waktu tertentu. Di mana sistem pertanggungan asuransi yang diberikan ada limit atau jangka waktunya misalnya waktu ditetapkan dari 5 tahun,: 10 tahun 15 tahun dan seterusnya perjanjian dan penawaran yang awal oleh pihak asuransi dan nasabah.
Dikarenakan adanya masa kontrak atau jangka waktu tertentu maka asuransi jiwa jenis berjangka ini merupakan jenis asuransi jiwa yang paling murah karena biaya premi berkisar antara 200 hingga Rp300.000 per bulan”.”

Asuransi jiwa seumur hidup atau whole Life Insurance
Berbeda dengan Asuransi Jiwa berjangka, untuk asuransi jiwa seumur hidup ini akan memberikan proteksi kepada nasabah ini adalah seumur hidup yang terbatas antara umur hingga 99/100 tahun.

Lalu apa keuntungan asuransi seumur hidup ini? Keuntungannya adalah premi asuransi tidak akan hangus tidak ada klaim dan ini artinya bisa diambil secara keseluruhan apabila masa kontrak berakhir, untuk mendapatkan fasilitas tersebut tentunya ada kontrak yang harus dipahami harga premi dibayar lebih tinggi banding asuransi jiwa berjangka.

Asuransi jiwa dwiguna atau endowment Insurance
Asuransi jiwa dwiguna ini artinya aplikasi manfaat antara asuransi berjangka dan tabungan untuk pendidikan dan juga untuk dana pensiun.

Asuransi jiwa unit link atau unit linked Insurance
Asuransi jiwa unit link ini menggabungkan antara investasi dengan asuransi jiwa dan juga asuransi kesehatan. Ini cocok bagi yang suka melakukan investasi dan juga melakukan proteksi jiwa dan kesehatan. Investasi dalam asuransi jenis ini oleh asuransi perusahaan asuransi yang mana akan memberikan laporan secara berkala kepada nasabah yang juga investornya. Namun begitu nasabah harus cermat dan berhati-hati karena juga terhadap terdapat keuntungan dan kerugian dalam jenis asuransi jiwa unit Link.
Nah di atas adalah penjelasan mengenai Apa itu asuransi jiwa dan jenis-jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel kami yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *